G L E

Frequently Asked Questions

gle_faq

Cara login di Aplikasi GLE

Pastikan kamu telah mengunduh apllikasi GLE di hanphone kamu dan telah mendaftar sebelumnya di Aplikasi GLE. Kemudian lakukan hal berikut :

Pilih Log In menggunakan:
  • SMS dengan klik Log in dengan SMS
  • Alamat email (Gmail) dengan klik Lanjutkan dengan Google
  • Akun Facebook dengan klik Lanjutkan dengan Facebook
  • Akun Line dengan klik Lanjutkan dengan Line
  • Atau log in dengan memasukkan username serta password Anda. Klik Log In.

Hal yang paling utama adalah kamu telah mengunduh aplikasi GLE di handphone kamu. Selanjutnya kamu dapat membuka GLE kemudian lakukan ha-hal berikut :
  • Wajib mengisi form registrasi yang telah disediakan oleh GLE. Form ini berisikan nama, no handphone, e-mail, alamat domisili, KTP dan KK, foto tampak wajah dan sosial media lain yang dimiliki.
  • Pilih “Sender atau Traveller”
  • Kemudian klik “Daftar” dan tunggu beberapa saat, maka kamu telah terdaftar di aplikasi GLE.

Ketika ingin login namun lupa password maka kamu dapat melakukan hal-hal dibawah ini:
  • Pastikan anda telah mendaftarkan e-mail atau no handphone anda ke Aplikasi GLE, kemudian pilih “Lupa Password”
  • Masukkan email atau no. handphone Anda yang sudah terdaftar (pastikan email atau no. handphone Anda aktif).
Jika Anda memasukkan email:
  • Masukkan kode captcha
  • GLE akan mengirimkan email untuk verifikasi perubahan password Anda.
  • Klik link verifikasi di email tersebut.
  • Masukkan password baru Anda & konfirmasi ulang password Anda.
  • Klik Lanjut.
  • Selesai! Password berhasil diubah!
Jika Anda memasukkan no. handphone:
  • Masukkan kode captcha
  • GLE akan mengirimkan kode verifikasi (OTP) melalui SMS.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan GLE ke no. handphone Anda.
  • Klik Lanjut.
  • Masukkan password baru Anda & konfirmasi ulang password Anda.
  • Klik Atur Ulang.
  • Selesai! Password berhasil diubah!

Bergabung menjadi Mitra GLE

Siapa yang tidak suka dengan penghasilan tambahan, dengan bergabung menjadi mitra GLE sebagai kurir, maka anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan saat melakukan perjalanan ke suatu tempat menggunakan transportasi pesawat terbang.

Berikut syarat dan ketentuannya:
  • Berusia 17 - 40 tahun
  • Memiliki e-KTP atau KTP asli atau resi atau surat keterangan biodata dari Disdukcapil*
  • Memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)*
  • Memiliki smartphone Android
  • Memiliki email berdomain Gmail
*Calon Traveller/Kurir harus melampirkan KK jika menggunakan KTP resi atau KTP asli tidak jelas
*KTP resi dari Disdukcapil wajib dilegalisir. Jika KTP resi Disdukcapil sudah habis masa berlakunya dan KTP belum selesai diterbitkan, bisa menggunakan surat keterangan biodata wajib dilegalisir.
**TNI/Polri tidak dapat menggunakan SIM TNI/Polri
***TNI dan Polri dapat digantikan dengan KTA dan Surat Keterangan Pimpinan
***SKCK fotokopi wajib dilegalisir

Lalu, bagaimana cara untuk mendaftar?
Bergabunglah dengan menghubungi kami melalui whatsapp yang tertera pada aplikasi ini atau datang langsung ke kantor kami.

Apa itu fitur chat ?
Dengan menggunakan fitur Chat kamu dapat dengan mudah berkomunikasi ke sesama pengguna GLE. Fitur chat inilah nantinya yang akan menghubungkan Pengirim Barang/Paket dengan Kurir.

Untuk dapat menikmati fitur chat ini, pastikan kamu sudah:
  • Memperbarui aplikasi GLE ke versi terbaru
  • Tersambung dengan jaringan internet yang stabil
  • Memberikan izin akses kontak pada handphone kamu untuk aplikasi GLE.
Perlu kamu ketahui..
Semua transaksi yang kamu lakukan serta pesan yang kamu kirim melalui Chat tidak akan hilang dan tidak dapat dihapus di dalam halaman chat.

Kamu dapat berkomuniksi atau melakukan transaksi secara perorangan melalui fitur chat dengan cara sebagai berikut :
  • Pilih atau cari fitur chat di Aplikasi GLE
  • Kemudian klik (+) dan pilih kontak yang ingin kamu aja chat.
  • Dan sekarang kamu sudah bisa melakukan chat secara personal.
Catatan: chat ini hanya bisa dilakukan saat kamu menyimpan no orang yang ingin kamu chat. Untuk bisa chat bersama kurir hanya bisa dilakukan saat kamu dan kurir telang terhubung (kurir menerima permintaan pengirimn barang kamu).

Tentang GLE

Kamu bisa menggunakan aplikasi GLE untuk kebutuhan pengiriman barang selama 24 jam. Dengan catatan sebagai berikut :
  • Kamu tidak bisa memesan layanan GLE untuk hari atau jam yang kamu inginkan.
  • Jam operasional pengiriman Barang/Paket di GLE menyesuaikan jadwal penerbangan Kurir.

Untuk saat ini layanan GLE hanya mencakup wilayah Jakata. Namun seiring dengan berjalannya waktu bukan tidak mungkin bagi GLE menyediakan layanan keseluruh kota di Indonesia.

Pengiriman

Mengirim Paket dengan GLE sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah berikut :
  • Pastikan terlebih dahulu kamu telah mengunduh aplikasi GLE di smartphone kamu, selanjutnya kamu login sebagai sender.
  • Kamu melakukan pemesanan melalui aplikasi GLE.
  • Pilih lokasi pengambilan barang.
  • Masukkan lokasi pengantaran barang.
  • Kemudian isi detail barang yang akan dikirim.
  • Sertakan nomor dan nama pengirim dan penerima.
  • Pilih ”pesan” untuk melakuan proses pemesanan.
  • Setelah menemukan kurir, maka barang selanjutnya akan dijemput dan dikirim oleh kurir sesuai dengan psanan, atau terdapat kesepakatan lain antara pengirirm dan kurir.

GLE memberikan penawaran waktu pengiriman yang singkat. Waktu pengiriman tergantung dari kota yang dipilih dan sesuai dengan estimasi waktu penerbangan dari kota keberangkatan kurir menuju kota tujuan. Yang hanya membutuhkan hitungan jam saja.

GLE adalah sebagai penyedia layanan, dan batas maksimum berat ditentukan oleh kurir, maka terkait dengan berat maksimum paket yang dapat dikirim oleh kurir adalah kesepakatan antara pengirirm dengan kurir.

Jenis barang yang bisa kamu kirim menggunakan GLE adalah sebagai berikut :
  • Pakaian
  • Buku & Dokumen
  • Peralatan Olahraga & Hiburan
  • Aksesoris
    Untuk barang berharga seperti logam mulia, tidak termasuk dalam kategori ini. Silahkan hubungi kami terlebih dahulu.
  • Makanan Tahan Lama
    Pastikan makanan dikemas dengan baik dan aman untuk menjaga kualitas barang pada saat pengiriman serta tidak menggangu kenyamanan kurir.
  • Peralatan Kesehatan & Kecantikan
    Pastikan paket kamu tidak berbentuk cairan sesuai regulasi pengiriman melalui penerbangan, apabila menggunakan botol kaca wajib melaporkan sebagai paket fragile.
  • Peralatan Elektronik & Gadget
    Pastikan paket kamu tidak mengandung baterai sesuai regulasi pengiriman melalui penerbangan.
  • Mainan & Hobi
    Pastikan paket kamu tidak mengandung baterai sesuai regulasi pengiriman melalui penerbangan.
Selain barang-barang diatas Gle tidak dapat membantu proses pengiriman. Dibawah ini juga ada beberapa jenis barang yang tidak bisa dikirim melalui GLE, sebagai berikut :
  • Narkoba
  • Minuman keras, minuman beralkohol
  • Senjata api, bahan peledak & amunisi
  • Materi pornografi
  • Materi sensitif terhadap politik
  • Hewan dan tanaman hidup
  • Produk pecah belah sepert piring/gelas/kaca/frame foto dan benda serupa lainnya yang tidak terkemas dengan baik dan aman
  • Zat cair, madu, sirup, minyak, parfum, dan barang-barang serupa lainnya (dilarang untuk mode transportasi udara).
  • Paket berisi baterai seperti, mainan, baterai sepeda motor, baterai mobil (dilarang untuk mode transportasi udara).
  • Bahan yang mudah terbakar adalah sesuatu yang dapat membakar (membakar) di udara, seperti aerosol, cat semprot, hairspray, penyegar wajah, wewangian tubuh, korek api gas dan korek api.
  • Cairan mudah terbakar seperti minyak, alkohol, aseton, pernis, cat.
  • Buah yang menyengat.
  • Dokumen berharga yang tidak dapat dicetak kembali seperti Surat tanah (Sertifikat tanah), ijazah, BPKB kendaraan bermotor dan Uang.
Barang yang disebutkan diatas tidak dapat dikirim melalui GLE karena melanggar perundang-undangan dan dilarang untuk mode transportasi udara serta berdasarkan pertimbangan dari pihak GLE.

GLE menyediakan gratis asuransi s/d Rp. 1.000.000 untuk setiap pengirimaan. untuk informasi lebh jelas silahkan membaca Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam S&K serta dalam Kebijakan Privasi, bahwa GLE tidak memperbolehkan pengiriman barang yang bertentangan dengan perundang-undangan yang berlaku. Apabila terjadi hal tersebut (barang yang dikirim bertentangan dengan hukum) maka pihak GLE maupun kurir tidak bertanggung jawab terhadap barang tersebut. Melainkan tanggung jawab sepenuhnya adalah pemilik atau pengirim barang tersebut.

Pada menu Transaksi Saya, di pilihan Semua Transaksi/Pengiriman dari saya/Pengiriman untuk saya/Pengiriman lainnya, klik pada shipmentmu yang sedang aktif. Kamu dapat melacak saat paketmu:
  • Berhasil dibuat, Akan dijemput oleh kurir, Telah dijemput oleh kurir, Akan diantar ke Penerima oleh kurir, Tidak berhasil diantarkan

Harga dan Pembayaran

Untuk saat ini kami hanya menyediakan metode pembayaran tunai. Namun tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada pembayaran secara non tunai seiring dengan berkembangnya aplikasi GLE.

Hal ini tidak ada di GLE. Kecuali kesepakatan secara pribadi antara kurir dan pengirim.

Status pengiriman

Keterlambatan mungkin saja terjadi, terlebih di masa pandemi dan PSBB saat ini. Keterlambatan juga dapat terjadi akibat jadwal penerbangan yang tidak sesuai. Untuk itu pihak pengirim diharapkan dapat memaklumi hal-hal tersebut. Walaupun demikin kami tetap berusaha untuk mengirimkan pket anda sesuai estimasi yang ada.

Pembatalan pengirirm paket dapat disebabkan beberapa hal berikut :
  • Alamat pengirim tidak ditemukan karena alamat tidak lengkap atau salah
  • Nomer telepon pengirim salah dan tidak bisa dihubungi
  • Nama dan no telepon penerima tidak jelas
  • Paket tidak sesuai dengan ukuran dan jenis paket yang dapat dikirim oleh GLE
Setelah pengirimanmu ditolak, apabila kamu tetap ingin mengirim maka kamu harus membuat pengiriman baru sesegera mungkin. Pastikan alamat, nomer telepon dan jenis paket sudah benar agar pengiriman tidak ditolak.

Kamu bisa mengganti alamat tujuan dengan kesepakatan dengan kurir, dengan tetap memperhatikan beberapa hal berikut :
  • Pihak kurir setuju untuk mengganti alamat tujuan.
  • Pengirim memberikan alamat yang jelas kepada kurir.
  • Pengirim terlebih dahulu menyelesaikan pembayaran sebelum mengubah alamat tujuan.
Mengubah alamat tujuan penerima memungkinkan terjadinya penambahan biaya terhadap paket yang anda kirimkan.

kamu dapat melakukan pembatalan pengiriman apabila pihak kurir belum menjemput paket kamu.

Tips packing aman

Sebelum mengirim paket pastikan kamu telah mengemasnya dengan baik sesuai dengan jenis barang yang akan kamu kirim. Kalau kamu masih bingung cara packing yang aman sesuai dengan barang yang kamu kirim, kamu bisa ikuti tips berikut
  • Buku dan Dokumen
    Pastikan kami menggunakan amplop yang memadai atau menggunakan tas untuk menaruh semua buku dan dokumen yang akan kamu kirim, sehingga tidak akan tercecer dan memudahkan kurir membawa paket kamu. Hal ini juga dapat menguangi resiko kerusakan pada dokumen kamu.
  • Barang Fragile
    • Gunakan box/dus dengan material yang aman dan kuat
    • Gunakan tambahan bubble wrap di dalam box/dus untuk menjaga paket aman
    • Pastikan box/dus terisi penuh dan tidak ada ruang hampa agar dapat menahannya dari guncangan, kamu bisa menggunakan tambahan bubble wrap/kertas untuk mengisi ruangan antara barangmu dengan sisi dalam box/dus.
    • Pastikan kamu melaporkan paket sebagai item fragile di dalam aplikasi GLE.
  • Makanan
    Pastikan makanan terisi penuh dan tidak ada ruang hampa agar dapat meminimalisir kerusakan makanan dari guncangan selama proses pengiriman. Karena sudah dipastikan, paket akan terus bergerak hingga sampai ke alamat tujuan. Pengisian dan pengemasan yg baik akan membuat makanan kamu menjadi lebih aman. kamu bisa tambahkan isi makanan supaya penuh.
  • Elektronik
    Pastikan barang elektronik yang anda kirimkan sudah dalam keadaan mati. Untuk laptop dan sejenisnya harap untuk melepaskan baterai nya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (sesuai dengan pereturan penerbangan).

Untuk saat ini kami hanya menyediakan metode pembayaran tunai. Namun tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada pembayaran secara non tunai seiring dengan berkembangnya aplikasi GLE.

Hal ini tidak ada di GLE. Kecuali kesepakatan secara pribadi antara kurir dan pengirim.

Download mobile apps GLE Langsung dari email anda

Scroll Top